ADHD part3

A. B. Karakteristik ADHD

Fledman menyatakan terdapat tiga jenis perilaku berkaitan dengan kelainan ini, antara lain :

1. 1. Sikap kurang memperhatikan sekeliling (inattentiveness) atau mudah terganggu (distractibility).

Individu pada umumnya belajar untuk dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas yang ada. Pada saat bersamaan individu juga berusaha untuk mengesampingkan lamunan sehingga tugas tersebut dapat terselesaikan dan melanjutkan tugas selanjutnya.

Bagi anak atau orang dewasa penderita ADHD, memfokuskan diri pada tugas-tugas yang diberikan dan mengesampingkan lamunan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan oleh mereka. Ada beberapa anak penderita kelainan ini yang sedang dalam lamunannya sehingga tidak memperhatikan keadaan di sekelilingnya. Misalnya, saat anak-anak penderita ADHD sedang berada dalam lamunannya dan ada seseorang yang mengajaknya berbicara, anak-anak penderita ADHD tidak mendengar apa yang dikatakan seseorang tersebut. Bahkan ia mulai berbicara tentang apa yang ada dalam pikirannya, yang tidak berhubungan dengan apa yang sedang terjadi di sekelilingnya. Bila perilaku ini konsisten dan tidak terkontrol, ini menunjukkan adanya ADHD.

Ketidakmampuan dalam mengesampinkan gangguan kecil juga merupakan gejala lain dari ADHD. Penderita ADHD mudah merasa terganggu dan tidak dapat mengontrol situasi yang penuh dengan suasana yang bising dan gerakan, seperti kegiatan berenang di tempat pemandian masa liburan sekolah, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan sebuah pesta ultah yang ramai.

0 komentar:

Posting Komentar